Tentang LONTAR

LONTAR adalah Layanan Online Terpadu Administrasi Akademik yang dikelola oleh Direktorat Pendidikan dan Kemahasiswaan untuk memberikan pelayanan prima bagi Dosen dan Mahasiswa dalam kebutuhan administrasi akademik. Seluruh layanan administrasi akademik per Semester Gasal 2020/2021 telah seluruhnya dialihkan menggunakan metode online, untuk memberikan pelayanan terbaik bagi civitas dan juga sebagai upaya minimalisasi kontak langsung dalam pelayanan administrasi akademik dalam rangka pencegahan penularan COVID19. 

Jenis Layanan

WISUDA SARJANA DAN DIPLOMA ITSB 2022 Akan dilaksanakan pada tanggal 21 Oktober 2022 secara luring/offline.

Wisuda 2022 diikuti oleh Lulusan Tahun 2022 dan dapat diikuti oleh Lulusan Tahun 2021 dan 2020.

Biaya keikutsertaan wisuda :

  • Lulusan 2022 : Rp.1.500.000
  • Lulusan 2021 dan 2020 (yang telah memiliki Toga) : Rp.1.000.000

Pendaftaran Wisuda dibuka mulai 8 September 2022

Informasi dan pendaftaran wisuda silakan kunjungi wisuda.itsb.ac.id

Upload mandiri Tugas Akhir ini digunakan untuk Mahasiswa yang telah menyelesaikan Tugas Akhir untuk melakukan pengiriman file secara online. Upload mandiri Tugas Akhir ini Wajib untuk mahasiswa yang akan mengajukan Surat Keterangan Lulus atau Wisuda.

Klik Disini untuk Akses

Upload mandiri Laporan Kerja Praktek/Magang dilakukan oleh Mahasiswa yang telah menyelesaikan laporan kegiatan Kerja Praktek/Magang

Klik Disini untuk Akses

Surat Keterangan Mahasiswa akan dikirimkan dalam bentuk PDF ke email mahasiswa dengan validasi QR Code

Standar Layanan : Proses Surat Keterangan dilakukan selambatnya dalam 7 (tujuh) hari kerja (tidak termasuk hari sabtu, hari minggu, hari libur keagamaan, hari libur nasional, atau hari libur lainnya yang ditetapkan melalui Keputusan Rektor)

Ditdikma tidak menerima permohonan percepatan proses Surat Keterangan diluar waktu standar layanan untuk alasan apapun.

Klik disini untuk mengakses Form

Surat Pengantar Kegiatan untuk kegiatan yang terkait dengan akademik, antara lain untuk pengantar kegiatan Magang, Kerja Praktek, Kerja Profesi, Kunjungan Lapangan, dan Kunjungan Akademik/Survey.

Surat pengantar hanya akan diterbitkan untuk instansi/perusahaan yang diajukan dalam pengisian form ini. Instansi/perusahaan yang diajukan maksimal 3 (tiga) nama instansi/perusahaan.

Apabila telah mengajukan 3 (tiga) nama instansi/perusahaan dalam form pengajuan awal, dan akan mengajukan kembali, maka pengajuan selanjutnya akan diproses selambatnya 14 (empat belas) hari kerja setelah surat pengantar pengajuan awal terbit.

Standar Layanan : Proses Surat Pengantar dilakukan selambatnya dalam 7 (tujuh) hari kerja (tidak termasuk hari sabtu, hari minggu, hari libur keagamaan, hari libur nasional, atau hari libur lainnya yang ditetapkan melalui Keputusan Rektor)

Ditdikma tidak menerima permohonan percepatan proses proses Surat Pengantar diluar waktu standar layanan untuk alasan apapun.

Klik disini untuk mengakses Form

Legalisir Sertifikat Akreditasi dilakukan untuk keperluan tertentu, apabila hanya membutuhkan sertifikat akreditasi tanpa legalisir silakan klik disini.

Legalisir sertifikat akreditasi maksimal 1 (satu) lembar untuk judul sertifikat yang terkait dengan mahasiswa, tidak dapat mengajukan legalisir untuk sertifikat yang tidak terkait (Bukan prodi lulusan/mahasiswa)

Standar Layanan : Proses legalisir dilakukan selambatnya dalam 12 (dua belas) hari kerja (tidak termasuk hari sabtu, hari minggu, hari libur keagamaan, hari libur nasional, atau hari libur lainnya yang ditetapkan melalui Keputusan Rektor)

Ditdikma tidak menerima permohonan percepatan proses legalisir diluar waktu standar layanan untuk alasan apapun.

Klik disini untuk mengakses Form

Legalisir Ijazah dan Transkrip Nilai digunakan untuk lulusan yang memerlukan untuk kebutuhan tertentu. Dalam satu pengajuan maksimal masing-masing 5 (lima) lembar salinan ijazah/transkrip nilai

Standar Layanan : Proses legalisir dilakukan selambatnya dalam 10 (sepuluh) hari kerja (tidak termasuk hari sabtu, hari minggu, hari libur keagamaan, hari libur nasional, atau hari libur lainnya yang ditetapkan melalui Keputusan Rektor)

Ditdikma tidak menerima permohonan percepatan proses  legalisir diluar waktu standar layanan untuk alasan apapun.

Klik disini untuk mengakses Form

Surat Keterangan Lulus (SKL) dapat diajukan bagi lulusan dalam masa tunggu pengambilan ijazah namun memerlukan keterangan kelulusan terlebih dahulu. SKL tidak dapat diberikan bagi lulusan yang telah menerima ijazah

Standar Layanan : Penerbitan SKL dilakukan selambatnya dalam 10 (sepuluh) hari kerja (tidak termasuk hari sabtu, hari minggu, hari libur keagamaan, hari libur nasional, atau hari libur lainnya yang ditetapkan melalui Keputusan Rektor)

Ditdikma tidak menerima permohonan percepatan proses penerbitan SKL diluar waktu standar layanan untuk alasan apapun.

Klik disini untuk mengakses Form

Pengajuan perubahan data Mahasiswa/Lulusan dilakukan untuk melakukan perubahan data pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti) yang juga tersinkronkan dengan sistem akademik online ITSB. Perubahan data yang dapat dilakukan antara lain : Nama, NIM,  Nama Ibu Kandung, Tempat Lahir, Tanggal Lahir

Pengajuan perubahan data pada periode awal TA 2022/2023 dibuka mulai tanggal 5 hingga 16 September 2022.

Standar Layanan : 

Pengajuan ke PDDikti dilakukan dalam 14 (empat belas) hari kerja

Sementara perubahan data pada sistem PDDIKTI tergantung persetujuan dan proses di sistem DIKTI (diluar kewenangan Direktorat Pendidikan dan Kemahasiswaan ITSB)

Klik disini untuk mengakses Form

Pengajuan penggunaan ruangan untuk kegiatan mahasiswa (kegiatan non-kurikuler), dapat dilakukan secara individu maupun organisasi

Standar Layanan : Diproses dalam selambatnya 7 (tujuh) hari kerja

Klik disini untuk mengakses form

Pembayaran perkuliahan ITSB hanya melalui transfer via Rekening Bank Sinarmas Dengan Nomor Rekening 0004556364 an. Yayasan Institut Teknologi & Sains Bandung.

Konfirmasi Pembayaran melalui pengiriman bukti Pembayaran WAJIB dikirimkan HANYA MELALUI FORM INI, Ditdikma TIDAK MENERIMA konfirmasi pembayaran melalui jalur lainnya (Whatsapp, Email, Telepon, dll) 

Proses validasi pembayaran dilakukan dalam 3 (tiga) hari kerja dihitung dari proses pengisian form (tidak termasuk hari sabtu, hari minggu, hari libur keagamaan, hari libur nasional, atau hari libur lainnya yang ditetapkan melalui Keputusan Rektor)

Ditdikma tidak menerima permohonan percepatan validasi diluar standar layanan untuk alasan apapun.

Mahasiswa/i agar selalu memperhatikan jadwal akademik yang terkait dengan pembayaran, keterlambatan pembayaran yang mengakibatkan tidak dapatnya mahasiswa mengikuti agenda akademik tertentu bukan merupakan tanggung jawab Ditdikma.

Klik disini untuk mengakses form 

Pengajuan dilakukan selambatnya 14 (empat belas) hari sebelum hari pelaksanaan sidang, baik yang dilaksanakan secara online maupun offline. 

Form A-03 – Bimbingan Jurnal Tugas Akhir (Unduh)
Form A-04 – Permohonan Sidang Tugas Akhir (Unduh)

Apabila pengajuan sidang dilaksanakan secara offline dan bertempat di Kampus ITSB Deltamas, maka bagian Sarana dan Prasarana akan mengecek terlebih dahulu ketersediaan ruangan, dan akan dilakukan konfirmasi kepada dosen pembimbing apabila ruangan tidak tersedia

Mahasiswa yang memiliki masalah administrasi dan/atau akademik, akan diminta menyelesaikan terlebih dahulu sebelum diterbitkan Surat Keterangan Dapat Melaksanakan Sidang Tugas Akhir

Standar Layanan : Proses verifikasi dilakukan selambatnya dalam 7 (tujuh) hari kerja (tidak termasuk hari sabtu, hari minggu, hari libur keagamaan, hari libur nasional, atau hari libur lainnya yang ditetapkan melalui Keputusan Rektor)

Ditdikma tidak menerima permohonan percepatan proses verifikasi diluar waktu standar layanan untuk alasan apapun.

Klik disini untuk mengakses Form

Kartu Hasil Studi (KHS) merupakan hasil studi mahasiswa selama menempuh pendidikan di ITSB, ajuan ini BUKAN untuk pengajuan TRANSKRIP NILAI karena transkrip nilai hanya diterbitkan bagi mahasiswa yang telah menyelesaikan masa studi dan lulus dari ITSB, serta diterbitkan serta diserahkan secara fisik ke lulusan.

Kartu Hasil Studi (KHS) dapat dicetak secara mandiri oleh mahasiswa melalui aplikasi ePortal menggunakan akun masing-masing mahasiswa. 

Pengajuan Validasi KHS pada halaman ajuan ini hanya untuk mahasiswa aktif yang memerlukan  untuk keperluan tertentu (misal : lampiran pengajuan kerja praktik/magang/kerja profesi/kegiatan sejenis, atau kebutuhan lainnya yang memerlukan validasi KHS)

Standar Layanan : Proses validasi KHS dilakukan selambatnya dalam 10 (sepuluh) hari kerja (tidak termasuk hari sabtu, hari minggu, hari libur keagamaan, hari libur nasional, atau hari libur lainnya yang ditetapkan melalui Keputusan Rektor)

Ditdikma tidak menerima permohonan percepatan proses validasi KHS diluar waktu standar layanan untuk alasan apapun.

Klik disini untuk mengakses Form

Sorry – Under Maintenance

Pengajuan Perpanjangan Masa Studi untuk Semester Gasal 2022/2023 ini khusus bagi mahasiswa angkatan 2015 (S1 & D4) dan angkatan 2017 (D3).

Pengajuan hanya dilakukan oleh mahasiswa yang bersangkutan sendiri, dan tidak dapat dilakukan secara kolektif.

Pengaju wajib melampirkan :

  1. Surat Rekomendasi Ketua Prodi, mengetahui Dekan
  2. Surat Permohonan dari Mahasiswa (diketik, tidak ditulis tangan)
  3. Surat Pernyataan Mahasiswa (diketik, tidak ditulis tangan)
  4. Bukti proses bimbingan TA (yang ditandatangani oleh dosen pembimbing TA)
  5. KRS aktif semester 14 (S1&D4 ) atau Semester 10 (D3)

Contoh Surat Permohonan dan Surat Pernyataan silakan klik disini

UNTUK SAAT INI TIDAK ADA PERIODE PENGAJUAN PERPANJANGAN MASA STUDI

Pengajuan pengaktifan kembali pada form ini dilakukan untuk dua jenis pengaktifan dari semester sebleumnya, yaitu :

  1. Pengaktifan dari status cuti akademik
  2. Pengaktifan dari status non-aktif

Ketentuan Umum :

  1. Cuti akademik maksimal dilakukan untuk 2 (dua) semester, melebihi dua semester dan tidak mengajukan pengaktifan maka akan dianggap non-aktif
  2. Status non-aktif maksimal untuk 2 (dua) semester, melebihi dua semester non-aktif dan tidak mengajukan pengaktifan maka dianggap mengundurkan disi

Ketentuan khusus untuk pengaktifan dari status non-aktif :

  1. Apabila mahasiswa non-aktif 1 (satu) semester dan akan aktif pada semester berikutnya, maka wajib mengaajukan pengaktifan paling lambat 4 (empat) minggu kalender sebelum semester berikutnya dimulai. Wajib mengirimkan Surat pengajuan pengaktifan ditujukan kepada Direktur Pendidikan dan Kemahasiswaan, ditandatangani oleh Mahasiswa ybs diatas materai Rp.10.000 (disarankan menggunakan eMaterai), Orang Tua Mahasiswa ybs, dan Mengetahui Kaprodi
  2. Apabila mahasiswa non-aktif 2 (dua) semester dan akan aktif pada semester berikutnya, maka wajib mengajukan pengaktifan paling lambat 4 (empat) minggu kalender sebelum semester berikutnya dimulai. Wajib mengirimkan surat pengajuan pengaktifan ditujukan ke Rektor ITSB, ditandatangani oleh mahasiswa ybs diatas materai Rp.10.000 (disarankan menggunakna eMaterai), orang tua mahasiswa ybs, Mengetahui Kaprodi dan Dekan.
  3. Mahasiswa yang mengajukan pengaktifan dari status non-aktif wajib melakukan pembayaran perkuliahan pada semester non-aktif sebesar Rp.1,500.000 per Semester dan membayar tunggakan semester sebelumnya (apabila ada)

Contoh Format Surat Pengaktifan dari non-aktif 1 Semester klik disini

Contoh Format Surat Pengaktifan dari non-aktif 2 Semester klik  disini

Standar layanan proses pengaktifan :

  1. Untuk pengaktifan dari status cuti diproses maksimal dalam 3 (tiga) hari kerja
  2. Untuk pengaktifan dari status non-aktif diproses maksimal dalam 10 (sepuluh) hari kerja, dihitung setelah kelengkapan administratif dan kewajiban pembayaran selesai
  3. Hari kerja tidak termasuk hari sabtu, hari minggu, hari libur keagamaan, hari libur nasional, cuti bersama, dan hari libur lainnya yang ditetapkan oleh Keputusan Rektor

Untuk mengakses form pengaktifan silakan klik disini 

Pengajuan Cuti Akademik hanya dapat dilakukan oleh mahasiswa aktif, dan hanya dapat diajukan melalui akun ePortal masing-masing mahasiswa melalui menu Academics –> Pengajuan Cuti

Syarat dan Ketentuan Pengajuan Cuti :

1. Mahasiswa dengan status Aktif

2. Belum pernah cuti akademik hingga 2 (dua) semester (batas maksimal cuti adalah 2 semester)

3. Mengajukan melalui aplikasi ePortal

4. Melakukan pembayaran biaya cuti 

5. Pengajuan Cuti dilakukan hanya pada masa persiapan awal semester hingga batas hari terakhir pengisian KRS/Perwalian (untuk semester Gasal 2022/2023 batas akhir pengajuan cuti adalah 16 September 2022)

Prosedur Pengajuan Cuti :

1 . Mahasiswa memastikan bahwa belum pernah mengajukan cuti hingga 2 (dua) semester

2. Mahasiswa melakukan pengisian permohonan pengajuan cuti melalui aplikasi ePortal (klik disini untuk menuju halaman ePortal)

3. Mahasiswa melakukan pembayaran cuti sebesar Rp.500.000 melalui rekening ITSB dan melakukan konfirmasi melalui bit.ly/pembayaranITSB

4. Admin Ditdikma akan melakukan verifikasi akademik dan administratif serta pembayaran cuti

5. Apabila verifikasi gagal, admin akan menghubungi mahasiswa bersangkutan, apabila hingga akhir masa KRS semester berjalan tidak ada informasi dari admin maka dipastikan pengajuan cuti telah diterima 

6. Selesai

Pengajuan penggunaan Zoom ini hanya untuk dosen, kegiatan yang dapat menggunakan akun Zoom milik ITSB ini antara lain : Perkuliahan, Praktikum, dan Rapat.

Pengajuan dilakukan selambatnya 24 jam sebelum jadwal yang diajukan, dan secepatnya 7 x 24 jam sebelum jadwal yang diajukan. 

Klik disini untuk akses form

Pengajuan jadwal kuliah pengganti hanya dapat dilakukan oleh dosen, dalam pengajuan ini bagian Rooster akan melakukan penyesuaian dengan ketersediaan ruangan (untuk kegiatan tatap muk/offline)

Klik disini untuk akses form

Pengajuan penggunaan ruangan untuk dosen ini dilakukan untuk kebutuhan kegiatan non-pembelajaran reguler, seperti untuk kegiatan seminar, sidang tugas akhir, dan rapat.

Pengajuan dilakukan paling lambat 2 X 24 jam sebelum jadwal yang diajukan

Klik disini untuk akses form

Form ini khusus program studi atau dosen untuk melaporkan kegiatan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka

Klik disini untuk mengakses form 

UAS : 9 - 20 JANUARI 2023

WAJIB UPLOAD HASIL UAS DI MENU UJIAN KELAS ECAMPUZ ATAU NILAI AKHIR MATA KULIAH MENJADI E

Whatsapp Hotline :

0816 23 88 20